Jenis Dan Makna Ukiran Toraja Bagian 4

Artikel ini merupakan lanjutan dari  artikel sebelumnya tentang jenis dan makna ukiran Toraja,dan artikel ini,oke langsung saja ya..

1.PAQDON BOLU SANGBUA

Kata Don berasal dari kata “daun” yang artinya daun.bolu artinya sirih dan sangbuah artinya selembar. Daun sirih ini memiliki fungsi ganda dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai bahan makan sirih dan digunakan dalam upacara adat dalam persembahan kepada dewa-dewa. mengingat fungsinya ini maka dibuatlah simbol dalam ukiran sebagai kenang-kenangan anak cucu.

Maknanya :

Dalam menempuh kehidupan ini tidak baik sendiri-sendiri tetapi harus hidup sebagai anggota dalam satu kelompok masyarakat

                        PAQ DONBOLUSANGBUA

2.PAQBUA TINAQ

Merupakan ukiran yang menyerupai buah pohon waru(tinaq), pohon ini berfungsi ganda yang kulitnya dapat dipintal menjadi tali yang kuat untuk kebutuhan manusia, sedangkan daunnya digunakan sebahai bahan pembungkus misalny gula merah, disamping itu pohonnya juga sebagi tanaman pelindung.

MAKNANYA :

Sebagai lambang persatuan dalam keluarga dan makna kesejahteraan.

PAQBUA TINAQ

3.PAQTAKKU PARE

Takku artinya runduk atau menunduk,pare artinya padi,padi adalah tanaman utama di toraja dan  dianggap tanaman yang paling mulia karena menurut kepercayaan leluhur bahwa padi adalah mulanya adalah manusia , ukiran ini menyerupai padi yang merunduk.

MAKNANYA:

Dalam kehidupan kita sebagi manusia,hendaklah kita seperti padi makin berisi makin merunduk,atau tidak sombong

                                               PAQTAKKU PARE
Baca juga : Jenis Ukiran Toraja Bagian 3

4.PAQBULITTONG SITEBAQ

Bulittong artinya berudu dan sitebaq artinya berenang kian kemari dengan tenang.biasanya berudu terdapat dalam kubangan kerbau yang ainya jernih dan tenang.

MAKNANYA:

Rumpun keluarga berharap semoga keturunan semakin berkembang sampai ke anak cucu dan menikmati kesenangan dalam hidup

                                     PAQBULINTONG SITEBAQ

5. PAQLAMBAN LALAN

kata ini berasal dari kata lamban yang artinya menyebrang dan lalan, tumbuhan ini termasuk jenis rumput-rumputan bercabang seperti ubi jalar dan biasany tumbuh di pinggiran jalan

MAKNANYA:

sebagai nasehat untuk tidak mencampuri urusan atau perkara orang lain jika tidak dibutuhkan atau tidak ada sangkutpautnya dengan diri sendiri.

6. PAQDAUN PARIA

Paria artinya sayur paria atau sayur pare yang rasanya sangat pahit, daun maupub buahnya dapt dijadikan sayur, sealin itu juga digunakan sebagai obat-obatan,dahulu orang menggunakannya sebagai obat cacar dimana daunnya diperas  lalu airnya  digunakan untuk mandi.

MAKNANYA:

Kita tidak boleh berhati pahit, atau menyakiti hati sesama manusia

7.PAQARAQ DENAQ I

Araq artinya dada, dan denaq artinya burung pipit,jadi ukiran ini menyerupai bulu-bulu dada pada burung pipit,pada umumnya burung pipit bagi asyarakat merupakan perusak tanaman terutama padi. Dalam mitos Toraja burung pipit dianggap sebagai burung yang tidak jujur itulah sebabnya tembolokberada di ats bahu bagianbelakang lehernya  karena terkena kutukan.

MAKNANYA:

Dalam menjalani kehidupan ini kita harus mempunyai sikap dan pendirian yang tetap dan bersikap jujur.

8.PAQARAQ DENAQ II

Sepintas ukiran ini serupa dengan ukiran paqaraq denaq 1 namun sebenarnya tidak sama,burung pipit sebagaimana kita tahu baha selalu tterbang di angkasa mencari padi-padi  yang sudah masak dan bibit padi yang sudah ada dipeseamian sehingga bersifat merusak dan merugikan manusia. dalam bahasa toraja ada ungkapan “denaq ko angku pare bang” dalam bahasa indonesia artinya kamu selalu jadi burung pipit dan aku selalu jadi padi . maksud dari ungkapan ini artinya kamu selalu mau makan tetapi tidak mau berusaha dan bekerja.

MAKNANYA:

Dalam hidup ini kita harus bekerja dan berusaha dan tidak boleh bermalas-malasan.

9.PAQKANGKUNG

Ukiran ini menyerupai pucuk daun kangkung. Kangkung adalah tumbuhan yang tumbuh subur dalm air,merupakan tumbuhan yang merayap dan sangat berguna bagi manusia untuk dikomsumsi sebagai sayur.

MAKNANYA:

1. Manusia dalam hidup ini bukan saja untuk dirinya sendiri namun juga untuk membaktikan diri bagi sesama.

2. Semoga rumpun keluarga selalu hidup sehat dan selalu berlimpah reseki seperti tunas-tunas sayur kangkung yang tumbuh subur dalam air.

10.PAQBUNGA KALIKI

Kaliki artinya Pepaya, Paqbunga Kaliki artinya ukiran yang menyerupai buah pepaya.buah pepaya dapat digunakan sebagai sayur serta daunnya meskipun pahit digunakan sebagi obat tradisional.

MAKNANYA:

nasihat-nasihat yang pahit tidak selalu bermaksud untuk menyakiti hati tetapi pada akhirnya dapat membawa kebaikan.

11.PAQBUNGKANG TASIK

Bungkang atau bukkang artinya kepiting, tasik artinya laut.ukkiran ini menyerupai kepiting laut yang besar dan berisi.

MAKNANYA:

Rumpun keluarga yang da di pegunungan diharapkan akan tetap memperoleh reseki yang asalnya dari laut pula.

12. PAQDONLAMBIRI DITEPO

Kata ditepo artinya dibagi emapat bagian masing-masing seperempat bagian. dalam hal ini dasarnya tetap pada persegi empat.diharapakn keturunan secara turun temurun selalu berupaya membuat petak-petak sawah yang luas.

MAKNANYA:

keluarag Bersifat adil terhadap pembagian warisan seperti sawah dan ladang

13. PAQBUNGA

PAqunga dari kata bunga artinya bunga.bung dalam bahasa toraja biasanya mengandung kata kiasan seperti bunga rangkaq artinya tanda berkat sebagai hasil jeripayah(usaha sendiri). Bunga melambangkan keindahan dan kebaikan yang selalu menyiarkan bau yang harum. Ungkapan orang Traja dipadudungngi Bunga artinay dianugerahi jabatan.

MAKNANYA:

Kepopuleran seseorang dalam masyarakat karena ilmu pengetahuannya serta budi yang baik.

54. PAQBATANG LAU

Paqbatang Lau artinya batang labu, ukiran ini diumpamakan batang labu yang hanya satu batang induk kemudian bercabang

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: