Jadwal Kegiatan Adat Adu Kerbau Di Borong, Lampio Sangalla Utara

Upacara adat ma’pasilaga tedong (adu kerbau) merupakan rangkaian dari upacara adat rambu solo’ atau kedukaan di Toraja, sebelum kerbau-kerbau yang akan dikurbankan pada acara rambu solo’ tersebut terlebih dahulu akan dikumpulkan dalam pelataran tempat upacara rambu solo’ berlangsung. sesudah prosesi  ma’tammu tedong atau ada juga yang menyebutnya ma’pasa’ tedong , sore harinya akan dilanjutkan dengan adat ma’pasilaga tedong.

Berlokasi di Borong,lampio Kecamatan Sangalla Utara, tradisi ma’pasilaga tedong ini kembali dilaksanakan dalam rangkaian prosesi pemakaman Alm. Ne’ Tina. Selain kerbau-kerbau dari keluarga yang akan diadu,ada pula kerbau-kerbau dari berbagai wilayah di Tana Toraja dan Toraja Utara yang akan diadu,ini adalah salasatu bentuk kerinduan dari  para pemilik kerbau  kepada keluarga yang sedang berduka untuk tetap menjalin rasa kekeluargaan dan persahabatan.

Nah, bagi anda yang hobbi dengan acara adat ma’pasilaga ini, berikut jadwal dan nama-nama kerbau yang akan diadu.

Acara adat ma’pasilaga tedong(adu kerbau ini) merupakan hiburan dari para penggembala kerbau atau yang dalam bahasa toraja disebut ada’ tomangla. Acara ini memiliki izin resmi dari Kapolsek setempat. Tidak diperkenankan melakukan segala bentuk kegiatan yang berbau judi, barang siapa yang kedapatan melakukan perjudian dan sejenisnya bukan tanggung jawab keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *