Selasa, 22 November 2016

Inilah Beberapa Ciri khas Dan Karakteristik Orang Toraja

Setiap daerah atau suku di dunia khususnya suku-suku yang ada di Indonesia memiliki cirikhas masing-masing. Dari cirikhas inilah setiap wilayah atau suku dapat dikenal dengan lebih mudah. Nah, bagaimana dengan suku Toraja, apakah mempunyai chrikhas yang beda dengan suku-suku lainnya di dunia? jawabannya, yah tentu saja. Apa sajakah itu? mari kita simak baik-baik.

Apa saja ciri khas dan karakteristik orang toraja?


Ciri khas dan karakteristik orang toraja

1. memiliki power suara yang kuat dan keras


karena wilayah Tana Toraja yang letaknya berada di pegunungan yang  yang memiliki banyak bukit dan lembah serta jarak  rumah yang berjauhan sehingga untuk berkomunikasi diperlukan suara yang besar dan keras. masyarakat suku Toraja juga memiliki teriakan yang khas yang disebut Kumalasi yang butuh suara yang keras dan kuat untuk melakukannya.

2. Merasa minder dan Kurang percaya diri


Meskipun tidak semuanya namun kebanyakan masyarakat Toraja itu dalam keseharian atau pergaulan di masyarakat di luar lingkungan Toraja baik di lingkungan Sekolah, kampus, atau organisasi lainnya cenderung pasif. Seperti contoh  dalam kegiatan rapat organisasi di sekolah atau di kampus,mereka lebih cenderung menjadi pendengar, dalam ruang kelas mereka lebih memilih duduk di belakang.
Orang toraja juga kadang minder atau kurang percaya diri tampil berbicara di depan umum.

3. logat atau dialeg yang kental


Bahasa sehari hari orang toraja di kampung adalah bahasa daerah atau bahasa toraja sendiri, berbicara dalam bahasa toraja dalam penggunaannya memiliki cirikhas yang cenderung lambat dan kuat di vocal huruf "E",sehingga kadang orang Toraja kalau berbicara dengan bahasa Indonesia maka logat atau dialeg itupun akan terbawa, dan mungkin itulah sebabnya  orang Toraja kalau berbicara di depan umum akan merasa kaku dan kurang percaya diri, hehe...
Di luar Toraja kita akan sangat gampang mengetahui jika itu adalah orang Toraja hanya dengan menyimak cara mereka bertutur kata dengan logat toraja yang khas itu. hau'leee..

Dialeg atau logat Orang Toraja berbeda-beda, seperti halnya logat orang tallu lembangna berbeda dengan logat orang dari barat seperti wilayah rembon dan dari bagian utara atau sa'dan, sehingga dari cara berbicara saja kita sudah bias menebak kalau orang ini berasal dari daerah itu.

4. Baik dan sopan


Masyarakat toraja pada umumnya memiliki sifat yang baik dan sopan, ini adalah kearifan lokal masyarakat Toraja yang sudah turun temurun terus terpelihara, orang Toraja percaya bahwa dengan bersikapan sopan, baik dan rendah hati akan mendatangkan berkah(dalle') dalam kehidupan.
masyarakat Toraja mengenal budaya longko' atau budaya malu,sehingga orang Toraja dengan sebisa mungkin menghindarkan diri pribadi atau keluarga dari sanksi sosial yang disebabkan oleh sikap kurang sopan dan melanggar hukum adat dalam masyarakat. oleh karena itu kriminalitas yang terjadi dalam masyarakat Toraja cenderung lebih rendah dibanding dengan daerah lain.

5. Memiliki sikap toleransi yang tinggi


Bukan hanya masyarakat lokal yang mendiami wilayah Tana toraja namun terdiri dari beraneka macam suku dan agama yang datang dan masuk ke daerah toraja mencari nafkah, walaupun demikian masyarakat Toraja sangat menghargai perbedaan yang ada, mereka saling hidup berdampingan tanpa membedakan satu sama lain, ini terbukti dari minimya kasus-kasus di daerah Toraja yang berhubungan dengan SARA( suku, agama , ras dan antar golongan) seperti yang akhir-akhir ini terjadi di daerah lain.Oleh karena itu kadang di medsos atau dunia maya kita sering melihat postingan gambar atau tulisan yang mencerminkan sikap toleransi yang ada di toraja bahkan ada yang pernah menulis, kalau ingin belajar dan melihat toleransi yang sesungguhnya datanglah ke Toraja, betul ga..?hehehe

6. Suka bergerombol atau berkumpul


Di luar wilayah Toraja, bergaul dengan sesama orang Toraja akan memberikan rasa nyaman tersendiri. maka, Di mana ada orang Toraja pastilah disitu ada orang Toraja yang lain, orang Toraja cenderung lebih suka berkumpul atau bergaul dengan sesama orang Toraja sendiri, ini mungkin dikarenakan karena memiliki aspek hampir sama baik dari segi budaya, bahasa, dan agama serta selera makan. walaupun demikian bukan berarti bahwa orang Toraja tidak bergaul dengan suku -suku lain.

Itulah beberapa cirikhas dan karakteristik masyarakat suku Toraja. semoga bermamfaat.

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.