Rabu, 14 September 2016

Tingkatan Tongkonan Sesuai Dengan Peran Dan Fungsinya Bagi Masyarakat Suku Toraja

Tongkonan adalah sebutan untuk rumah adat tempat tinggal suku toraja. namun tongkonan ini bukan hanya sebagai tempat tinggal tapi juga merupakan tempat pembuat peraturan dan pembinaan agama yang disebarkan kepada masyarakat Toraja.

Semua anggota keluarga dalam satu rumoun tongkonan memiliki hak san kewajiban yang sama atas tongkonan teraebut, seumpama jika ada anggota dri tongkonan teraebut meninggal maka disusahakan jenazahnya akan dibawah ke tongkonan tersebut untuk diupacarakan, begitupun jika ada masalah di antara keluarga, maka disusahakan penyelesaiannya diadakan di tongkona tersebut.

Tingkatan Tongkonan Sesuai Dengan Peran Dan Fungsinya Bagi Masyarakat Suku Toraja

Ada beberapa tingkatan Tongkonan sesuai dengan peran dan fungsinya sebagai berikut:

  1. Tongkonan layuk(agung) yaitu tongkonan yang pertama-tama menjadi sumber pemerintah dan kekuasaan serya peraturan-peraturan agama dan aturan lainnya di masyarakat. Tongkonan layuk disebut juga tongkonan pesiuk(penyusun) aluk(aturan)
  2. Tongkonan pekamberan/pekaindoran atau kaparengngesan atau tongkonan sokkong bayu. Tongkonan tersebut didirikan oleh penguasa-penguasa adat setempat untuk melaksanakan pemerintahan atau aluk berdasarkan tongkonan layuk
  3. Tongkonan batu a'riri(a'riri=tiang), tongkonan ini hanya sebagai tongkonan persatuan keluarga tetapi tidak mempunyai kekuasaan atau paranan adat.
  4. Banua pa'rapuan(banua=rumah), rumah ini sama dengan tongkonan batu a'riri tetapi dari keturunan kasta rendah, dan bentuknya tidak seperti perahu(tidak dilonga dan tidak di ukir)
Tongkonan layuk dan tongkonan keparengbgesan mempunyai daerah kekuasaan adat tertentu sehingga walaupun bangunannya tidak ada, tetap disebut-sebut dan dihormati oleh masyarakat dengan memberikan daging persembahan pada upacara-upacara keagamaan sesuai dalam tingkatan dalam masyarakat

Fungsi dan peran tongkonan tersebut  di atas, disesuaikan dengan fungsi dan peran tongkonan yang berlaku di daerah tallu lembangna dan tidak mutlak berlaku di daerah-daerah lainnya

Demikianlah fungsi dan peran tongkonan menurut versi tallu lemvangna. Semoga bermamfaat

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.