Kamis, 08 September 2016

Objek Wisata Gua Alam Sa'pak Bayo - Bayo

Berbicara tentang Toraja dengan segalah keunikan budaya,adat istiadat serta kearifan lokal masyarakatnya mungkin tidak akan pernah habis dibahas. Suku Toraja sudah begitu mendunia,tidak heran jika festival yang berskala internasional sering diadakan di tempat ini.

Salasatu tradisi nenek moyang suku toraja pada jaman dahulu dan bahkan sampai sekarang adalah dengan menyimpan atau menguburkan jenazah di tebing-batu yang terjal atau diletakkan di pinggir-pinggir gua batu.Dan tradisi inilah yang menjadi magnet bagi wisatawan untuk mengunjungi Toraja selain daripada budaya-budaya toraja yang unik lainnya.

Bercerita tentang objek-objek wisata di toraja,ada begitu banyak pilihan yang bisa di datangi, seperti halnya kuburan batu yang ada di Londa dan Ke'te kesu',kuburan bayi yang ada di kambira' sangalla, kuburan bangsawan yang terdapat di Suaya dll. demikian halnya dengan keindahan alamnya, ada begitu banyak tempat yang bisa kita kunjungi seperti wisata agrobisnis Pango-pango,wisata religi buntu burake,batu tumonga dan satu lagi yang sangat viral di dunia maya yaitu Wisata ke Negeri di Atas awan Lolai dan masih banyak lagi, anda tinggal mengatur waktu untuk bisa mengunjungi semua tempat-tempat wisata lainnya di toraja.

Nah, membahas tentang objek wisata kuburan di Toraja selain yang disebutkan di atas, pernahkah anda mendengar tentang SA'PAK BAYO-BAYO? tempat ini masih sangat terdengar asing di telinga para wisatawan bahkan bagi masyarakat Toraja sendiri. Masyarakat di sekitar tempat inipun banyak yang mengira jika di Sa'pak Bayo-Bayo ini hanyalah sebuah tempat dimana terdapat kolam alam tempat mandi dan berenang saat musim kemarau panjang, serta sebuah sumur yang dikeramatkan  dimana masyarakat setempat yang masih mengaluk agama asli suku Toraja(alukta) melakukan Ritual kepercayaan mereka.Jadi apa yang lebih menarik di Sa'pak Bayo-Bayo?.

Sa'pak Bayo-bayo terletak di bawah tebing gunung batu,di sekitar gunung batu ini terdapat banyak gua-gua dimana gua ini digunakan oleh masyarakat pada jaman dahulu  sebagai tempat menyimpan jenazah. Gua-gua ini memiliki model yang sangat menarik dan punya daya tarik tersendiri. Di dalam gua-gua ini kita akan melihat  tengkorak dan tulang belulang serta erong(peti mati) yang sudah lapuk termakan usia yang diperkirkan sudah ratusan tahun. Gua-gua ini masih sangat alami tidak seperti objek wisata lainnya yang sudah dikunjungi banyak wisatawan karena tempat ini belum diekspose sama sekali.

Lo'ko'(gua) Ne' Pendang


Berkunjung ke gua ini kita akan melihat bentuk mulut gua yang sangat indah serta hamparan tengkorak dan tulang belulang yang berserakan dimana-mana serta erong(peti mati) yang sudah lapuk dimakan usia,begitupun di dalam gua pemandangan yang sama akan kita lihat tengkorak dan tulang belulang yang tersusun di atas batu besar dan ada pula yang berada di lantai gua.

Objek Wisata Gua Alam Sa'pak Bayo - Bayo

Objek Wisata Gua Alam Sa'pak Bayo - Bayo

Objek Wisata Gua Alam Sa'pak Bayo - Bayo

Lo'ko' Tarru'

Lo'ko'(gua) ini memiliki lubang yang besar dan luas seperti halnya lo'ko' ne' pendang,namun gua ini bentuknya benda dengan gua lo'ko' ne' pendang, deisebut lo'ko' tarru karena lo'ko' ini mempunyai terusan, dalam bahasa toraja tarru' artinya terus(punya tembusan). Sama seperti lo'ko' ne' pendang di dalam gua ini kita akan menjumpai tengkorak dan tulang belulang manusia yang berserakan.




Lo'ko' bekak

Gua ini paling besar di antara gua-gua lainnya, di dalam gua ini juga kita akan jumpain tengkorak dan tulang belulang serta erong(peti mati) yang sudah lapuk. Beda dengan gua yang ada di sekitarnya.

Objek Wisata Gua Alam Sa'pak Bayo - Bayo

Objek Wisata Gua Alam Sa'pak Bayo - Bayo

Objek Wisata Gua Alam Sa'pak Bayo - Bayo

dimana untuk sampai ke dalam gua ini kita harus turun dan melewati erong(peti mati) serta tengkorak dan tulang belulang. Yang sangat menarik dari gua ini dimana tempat meletakkan erong tersusun dari batu-batu alam yang sangat rapi seperti  pondasi. Sebagian dari dasar gua ini tergenang air.

Sejarah Dan Mitos Tentang Sa'pak Bayo-Bayo

Di Sa'pak Bayo-Bayo terdapat sebuah sumur yang berada di pinggir sungai.Konon, menurut cerita orang tua terdahulu di sumur ini bersemayam deata(dewa) yang memiliki sifat yang baik dan bersahabat dengan manusia, di sumur ini katanya terdapat seekor Moa(masapi) yang sangat besar dan seekor kepiting(bungkang) yang besarnya sama dengan nyiru(tempat menampi beras). Menurut mitos jika seekor burung  terbang di atas sumur ini dan bayo-bayo(bayangan) burung melintas di sumur ini,maka burung tersebut akan langsung jatuh masuk ke dalam sumur,maka dari itulah tempat ini disebut Sa'pak Bayo-Bayo.


Air di sumur ini tetap jernih meskipun air sungai sedang meluap dan keruh, menurut mitos, penghuni dari sumur ini pernah akan dipersunting oleh deata(dewata) dari buntu Sopai,namun ditolak dengan alasan karena makanan dari deata Buntu Sopai ini adalah lotong ulu(manusia) yang merupakan sahabat dari dewata di sumur ini.

Objek Wisata Gua Alam Sa'pak Bayo - Bayo

Di Pinggir sumur ini terdapat sebuah Pohon beringin yang besar, di pohon inilah masyarakat setempat yang masih menganut agama asli Toraja(alukta) melakukan ritual kepercayaan mereka, membawa sesajen serta hewan kurban untuk dipersembahkan kepada dewata. Air sumur ini sering di ambil oleh orang-orang tertentu sebagai obat menyembuhkan penyakit. satu hal juga yang menarik di sumur ini,  yaitu pantangan saat berada di area sekitar ini, bahwa kita tidak boleh menggunakan baju hitam serta tidak boleh makan jagung di sekitar tempat ini, kalau dilanggar maka kita akan kena tulah seperti terserang penyakit-penyakit aneh.

Rencana Sakpak Bayo-Bayo Sebagai Objek Wisata Religi Bercirikhas Toraja


Nah,inilah yang sangat ditunggu-tunggu dari rencana menjadikan sa'pak bayo-bayo sebagai tempat ziarah wisata religi khas toraja bertaraf internasional satu-satunya di indonesia timur. Dari beberapa tempat yang disurvei oleh tim survei dari Keuskupan Agung Makasar yang dipanitiai oleh anggota PUKAT(persekutuan umat katolik yang ada di perantauan) dari berbagai segi pertimbangan, maka sa'pak bayo-bayo lah yang dianggap sangat layak untuk dijadikan sebagai objek wisata religi khas toraja. Rencananya, rute peziarah akan melintasi gua- gua yang ada di tempat ini.wah,sangat menarik yah..?

Bagi anda yang suka dengan wisata seperti ini dengan sentuhan sedikit berbau mistis tidaklah susah menemukan tempat ini. Letaknya berada di kec. Sangalla utara,lembang saluallo tepatnya di kampung maruang,sekitar 10 km dari arah makale,atau kurang lebih 500 meter dari belakang gardu induk PLN Sangalla' .
Demikianlah sedikit ulasan mengenai objek wisata sa'pak bayo-bayo,bagi yang penasaran,silahkan ya datang ke tempat ini.

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.