Minggu, 17 Juli 2016

Pengertian Rampanan Kapaq Passulean Allo Dalam Tradisi Perkawinan Adat Toraja

Perkawinan dalam tradisi suku toraja disebut dengan ungkapan "Rampanan Kapaq,passulean Allo".Ungkapan itu diterjemahkan dalam bahasa indonesia dengan kata perkawinan atau pernikahan, tetapi sesungguhnya dalam kedua ungkapan yang bermakna pararalel tersirat makna bahkan budaya konsep budaya suku toraja yang menjadi latar belakang pranata perkawinan dan lembaga keluarga suku toraja.

Secara harafiah kata rampan berarti turun, misalnya dalam ungkapan rampan di lino artinya turun ke dunia.Rampanan dapat berarti lepaskan,terutama dalam kalimat perintah rampananni! berarti lepaskan dia, Tetapi di dalam ungkapan rampanan kapaq itu,kata rampan berarti mempunyai arti penentuan Kapaq secarah harafiah berarti kapas, tetapi dalam ungkapan itu berarti denda yang harus dibayar oleh pihak yang menyebabkan perceraian suami dengan isterinya,biasa berbentuk seekor kerbau, 2 ekor kerbau, sampai 24 kerbau sesuai dengan strata sosial peng danantin laki-laki dan pengantin perempuan.

Pengertian Rampanan Kapaq Passulean Allo Dalam Tradisi Perkawinan Adat Toraja

Jadi ungkapan rampanan kapaq sesungguhnya berarti perkawinan menurut adat dengan menentukan berapa denda yang disepakati untuk dibayar oleh pihak yang menyebabkan perceraian,bila terjadi perceraian dalam kehidupan rumah tangga suami isteri di kemudian hari.

Berikut,kata passulen secarah harafiah berarti pergantian.Sulle berarti ganti ussulle berarti mengganti passullean berarti pergantian Allo secarah harafiah berarti matahari, tetapi dalam ungkapan ini berarti orang tua kedua pengantin.Perkawinan disebut oleh orang toraja passulean allo karena dengan melangkah masuk rumah tangga, sang suami sudah mengambil orang tua isterinya sebagai orang tua kandung sendiri dan sebaliknya.

Prinsip dan pandangan hidup suku toraja ini dipegang teguh dan dinyatakan dalam hidup sehari hari,antara lain dlam memmenuhi tanggung jawab kegotongroyongan keluarga dalam melaksanakan upacara baik kesyukuran maupun kedukaan.

Demikianlah pengertian Rampanan Kapaq Passulean Allo dalam tradisi perkawinan adat suku toraja.

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.