Selasa, 26 Juli 2016

Erong Jenis Kuburan Tertua Suku Toraja

Dahulu kala sebelum ada kuburan batu yang dipahat atau liang,masyarakat suku toraja menguburkan orang mati yang diaebut Erong. Erong adalah kayu mate/kayu mati yang dibentuk seperti lesung dan ada pula yang dibentuk menyerupai binatang seperti babi dll. Erong biasanya diletakkan dalam gua-gua atau pinggir gua yang terlindung dari hujan seperti yang terdapat di Londa, Ke'te', Suaya dll. Tidak semua orang dibuatkan erong,hanya bagi mereka yang berstrata sosisl tinggi yang dibuatkan erong. selain itu, bentuk erong mencerminkan sistim ideologi dan sistim sosial  dari suku toraja yang wujudnya tergantung dari stratifikasi, lingkungan, dinamika budaya toraja dan faktor eksternal lainnya.

Erong Jenis Kuburan Tertua Suku Toraja

Dahulu kala orang-orang toraja yang termasuk dalam pahlawan dikubur pada kuburan gantung atau kuburan erong yang tergantung seperti kuburan gantung Alm. Pala' Tokke La'bo', kuburan gantung Alm. Dana' di Marante-Tondon, pekuburan erong di Suaya dan Tambolang.
Ada beberapa kuburan gantung yang sudah rapuh dan masih dapat dilihat bekasnya seperti di Londa. Kuburan Erong sudah tidak terpakai lagi, namun di jaman sekarang masyarakat suku toraja melestarikan budaya ini dengan membentuk peti jenasah yang menyerupai erong.
Para ahli-ahli sejarah memperkirakan umur erong sekitar 800 tahun sedangkan umur liang masih berumur 200 tahun dihubungkan dengan pemakaian pahat besi baja yang digunakan untuk memahat lubang batu.

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.