Beberapa Rekomendasi Tempat Wisata Eksotis Yang Ada Di Toraja


Tana Toraja the hidden paradise adalah sebuah ungkapan atau sapaan yang diberikan oleh traveller yang berkunjung ke toraja,dan menurut saya julukan yang tepat untuk menggambarkan toraja yang unik indah dan mengagumkan. tak hanya adat dan budayanya yang unik dan tiada duanya di dunia namun toraja  juga memiliki keindahan alam yang tak kala menarik untuk dikunjungi,keadaan alam yang masih alami serta hawanya yang dingin dan sejuk akan membuat mereka yang berkunjung ke toraja ingin berlama lama untuk menikmati keindahan toraja ini.

Nah, bagi sobat yang ingin berkunjung ke toraja, berikut saya akan memberikan informasi rekomendasi tempat atau spot yang menarik dan indah yang tak boleh anda lewatkan jika berkunjung ke toraja.

1. ollon

Ollon adalah salatu hidden paradise di tana toraja yang terletak di kec. bonnga karadeng tepatnya di lembang bau, sekitar 26 km dari pusat makale atau 3 jam perjalanan dengan kendaraan.Dalam perjalanan menuju tempat ini sobat akan disuguhkan dengan jajaran bukit teletubies yang hijau,hamparan petak-petak sawah dan anak sungai yang telihat dari atas bukit akan mengobati rasa lelah anda dalam perjalanan.



berhubung karena tempat wisata ini masih baru, sehingga akses ke sana masih terbilang sulit dan sementara dalam perbaikan oleh Pemda tana toraja,namun pada musim kemarau tempat ini bisa dijangkau dengan kendaraan motor jenis trail.Keramahan dan senyum sapa penduduk di sana akan menyambut sobat setibanya di pusat lokasi wisata ini,sobat sekalian akan disuguhkan dengan perkampungan penduduk serta kearifan local mereka yang masih alami, sobat bisa berbagi cerita dengan penduduk di sana sekitar kehidupan harian mereka yang boleh dikata jauh dari suasana modern.


Di lokasi ini sobat akan disuguhkan dengan pemandangan padang rumput yang luas serta hamparan bukit teletubies yang menakjubkan. Dari atas bukit sobat juga bisa melihat sungai yang terbesar di toraja yaitu sungai sa'dan. Tak hanya itu sobat bisa jalan-jalan mengelilingi hamparan padang rumput dengan menyewa kuda penduduk setempat, di daerah ini kuda masih banyak dipelihara karena kuda adalah salasatu alat transportasi mereka untuk mengangkut hasil pertanian dan perkebunan mereka.

banyak yang bilang kalau OLLON ini adalah replika dari new zealand, sehingga tempat ini salasatu rekomendasi tempat untuk melakukan poto prewedding sehingga, bagi sobat sekalian yang ingin berfoto prewedding dengan nuansa luar negeri ga usah jauh-jauh yah ke new zealand, di toraja ada juga kok,hehehe.

2. Pango-pango

Bagi sobat yang suka dengan agrowisata, maka pango-pango adalah tempatnya. Pango-pango terletak di kec. makale yang terletak di atas gunung dengan ketinggian sekitar 1600-1700 mdpl. pango-pango merupakan sebuah kawasan hutan pinus yang di dalamnya terdapat perkebunan kopi serta perkebunan penduduk berupa sayur-sayuran dan buah.



Dari pango-pango sobat akan menyaksikan keindahan seluruh kota Makale dan sekitarnya, Dalam kawasan hutan pinus tersedia gasebo-gasebo sebagai tempat beristirahat sambil menikmati hawa dingin dan sejuk . Selain itu terdapat villa jika sobat ingin meginap di tempat ini. Pango-pango juga salasatu tempat favorit bagi para tracker untuk berkemah.


Bagi anda yang suka dengan flyng fox, di sini tempatnya dengan panjang lintasan 120-150 meter, namun kedepannya akan ditingkatkan lagi dengan lintasan yang lebih panjang, sobat hanya membayar rp 15.000 maka sobat sudah bisa mencoba permainan ini.

3. Patung Yesus, Buntu Burake

Begitu banyak pilihan destinasi wisata di tana toraja,setelah agrowisata, kini bagi anda yang suka dengan wisata religi maka Objek wisata religi patung Yesus memberkati adalah tempatnya, lokasi wisata ini masih berada dalam wilayah kec. makale  di atas gunung burake sekitar 1km dari kota makale atau kira-kira 10 menit ditempuh dengan kendaraan mobil atau motor. Patung Yesus ini biasa anda saksikan menjulang tinggi di atas gunung jika sobat berada di sekitaran alun-alun kota makale. perlu sobat ketahui bahwa patung yesus ini adalah salasatu patung yesus tertinggi dengan tinggi mencapi 40 meter mengalahkan patung yesus penebus di Rio de Janeiro Brazil, keren kan...? jadi ga usah ke brazil sana, di toraja ada juga kok,hehe.



Bukan hanya patung Yesus ini yang akan sobat lihat, namun di tempat ini anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan alun-alun kota makale dan sekitarnya,serta gua Maria yang lokasinya tidak jauh dari Tempat Patung Yesus berada, di tempat ini juga tersedia souvenir khas Toraja yang bisa anda beli sebagai ole-oleh untuk dibawa pulang.

4. Lolai, negeri di Atas Awan

Negeri Di atas Awan bukan hanya ada dalam negeri dongeng dan syair-syair lagu tp anda bisa menyaksikan dengan nyata di toraja tepatnya di Lolai, lembang kapala pitu toraja utara atau sekitar 26 km dari kota Rantepao. Loali berada di atas ketinggian 1300 mdpl. Di tempat ini sobat akan disuguhkan dengan Gugusan awan putih yang terlihat lebih rendah dari posisi kita berdiri di puncak sehingga seolah olah kita terlihat seperti berada di atas awan. selain itu anda bisa menyaksikan pemandangan eksotis sunrhise yang akan perlahan lahan muncul dari balik awan dengan pancaran warna jingganya.

Spot atau tempat yang paling menarik untukmenikmati eksotisme dari fenomena awan dan sunrhise ini adalah di sebuah lokasi yang bernama tongkonan lempe. di sini sobat bisa bersantai di depan halaman tongkonan, atau duduk di atas lumbung menikmati panorama awan dan sunrhise sambil menikmati suguhan kopi atau sejenisnya. Tak hanya eksotisme awan dan sunrhise namun di sini juga sobat akan dimanjakan dengan hamparan pegunungan berselimut kabut serta hamparan sawah yang luas.



Pesona awan yang eksotis ini tidak berlangsung tiap hari namun tergantung dari cuaca di tempat ini,fenomena ini akan berlangsung dari pagi sekitar pukul 05:30  sampai jam 09:30, jadi jika sobat ingin ke tempat ini bisa mencari informasi terlebih dahulu tentang perkiraan cuaca di tempat ini, dan saya sarankan sobat berangkat subuh atau bahkan menginap di tempat ini jika tidak ingin ketinggalan moment ini.





Kalau sobat ingin menginap di sana sudah tersedia tenda yang bisa disewa yang dipasang di depan halaman tongkonan, atau kalau sobat ingin merasakan sensasi tidur di atas tongkonan,anda bisa menyewa tongkonan ini atau lumbung yang berada di tempat ini,hmm,sungguh menarik bukan...?

Nah itulah  beberapa rekomendasi tempat dari sekian banyak lokasi di Toraja yang anda kunjungi, belum lagi yah rekomendasi tempat-tempat wisata yang butuh nyali untuk mengunjunginya seperti pekuburan batu, gua-gua yang eksotis dimana anda bisa menyaksikan tengkorak dan tulang belulang manusia yang berserakan, permandian alam,dan masih banyak lainnya yang bisa anda liat dan kunjungi jika sobat berkunjung ke toraja nanti saya akan bahas di artkel selanjutnya

sekian dan terima kasih, semoga bermamfaat




You Might Also Like:

Disqus Comments