Sekilas Tentang Hubungan Puang Tamborolangi' Dengan Aluk Sanda Saratu'

Ketika To Lembang( wilayah adat) mulai berkembang dan mereka membentuk komunitas serta mengangkat pemimpinnya sendiri, mulailah timbul persaingan diantara komunitas, mulailah timbul kekacauan dan persaingan bahkan timbul peperangan diantara komunitas.

Menurut kegenda yang berkembang di Sangalla bahwa ketika dewa melihat sudah terjadi kekacauan di atas bimi dimana Aluk Sanda Pitunna sudah tidak berfungsi lagi, maka diturunkanlah Aluk Sanda Saratu' dari langit, untuk melengkapi atau melaksanakan aluk sanda pitunna.

Tetapi aluk sanda saratu' tidak lagi berjalan karena tidak ada lagi saling kepercayaan antara To Lembang, untuk itu diturunkanlah Puang Tamborolangi' untuk menjalankan aluk sanda saratu' sebagai pedoman atau kelengkapan aluk sanda pitunna.

Jadi aluk sanda saratu' diturunkan terlebih dahulu dengan tujuan melindungi masyarakat serta menegakkan aluk sanda pitunna, baru kemudian diturunkan Puang Tamborolangi'  untuk melaksanaknnya.

Bila disimak secara mendalam, maka aluk sanda saratu' melindungi masyarakat sedangkan Puang Tamborolangi' sebagai alat untuk menegakkan aturan bukan dipakai to manurun sebagai alat kekuasaannya.



Jadi proses turunnya aluk sanda saratu' menggambarkan visi kepemimpinan Puang Tamboro Langi' yaitu alat intuk mengabdi dan melindungi masyarakat.

Menurut cerita, Puang Tamborolangi' turun dari langit di puncak Gunung Kandora. Puang Tamborolangi' mendirikan rumah yang disebut banua ditoke', tondok dianginni, kedenni tau sae lan di ullin, mulambi' mo tondok ditoke', banua dianginni inanna unnissan kada silambi' tondokna tosirenden kada dipatau bunga' kemudian berpindah ke bukit Kandora bagian utara, menjadi patron atau ikatan dalam  perkembangan masyarakat dan kebudayaan Toraja.

Ada versi lain yang menceritakan bahwa, Puang Tamborolangi' turun di buki sarira atau palo'ko' Ullin. Selanjutnya Puang Tamborolangi" membawa satu pranata yang disebut Aluk sanda Saratu' yang diwariskan kepada perkembangan tatanan kehidupan masyarakat dan kebudayaan Toraya.


Demikianlah sekilas tentang hubungan Puang Tamborolangi" dengan Aluk Sanda Saratu'. Semoga bermamfaat.

You Might Also Like:

Disqus Comments