Ritual Ma'nenek Yang Unik Dari Suku Toraja

Ritual ma'nene' bagi suku toraja adalah salasatu budaya toraja yang sangat diminati para wisatawan baik domestik maupun mancanegara,ritual ma'nene' bagi suku toraja adalah pr4ose mengganti pakain mayat yang biasanya dilakukan setelah pesta panen selesai.

Ritual ma' nene' ini termasuk dalam upacara rambu solo' dimana keluarga membawa kurban babi atau kerbau bertempat di pekuburan,di beberapa tempat di toraja ritual ma'nene' ini biasa juga disebut ma'ta'da, dan hanya mengganti paskaian tau-tau atau patung saja.



Kalau upacara pemakaman seseorang yang meninggal diadakan dengan tingkat dirapai',maka upacara mengunjungi kubur ini diadakan dengan  kerbau yang dipotong dan pada saat demikian, liang kubur orang mati dibuka dan diadakanlah penggantian kain kafan dan pakaian mayat,serta ada juga yng mengganti peti,tetapi kalau upacara pemakamannya sederhana, maka ritual ma'nene' hanya boleh memotong babi dan kuburan tidak boleh dibuka.
Pada waktu padi belum dipetik sejak saat benih baru dihambur maka sangat pantang bagi suku toraja untuk mengunjungi kuburan kecuali kalau ada orang mati yang dikuburkan pada saat itu.

Ritual ma'nene' ini biasanya ditutup dengan acara pengucapan syukuran panen yang dirangkai dengan acara si semba' atau perkelahian dengan hanya menggunakan kaki saja yangdilakukan antar kampung.



Ritual ini biasanya diadakan setahun sekali, namun tidak semua keluarga mengadakan ritual ini setiap tahun,namun ada yang melaksanakan dua tahun sekali bahkan ada yang lima tahun sekali tergantung dari kesepakatan keluarga masing-masing

Jika anda berminat menyaksikan budaya suku toraja yang sangat unik ini ,anda bisa datang dan  menyaksikanya pada awal atau pertengahan bulan agustus setiap tahun dan tentunya siapkan nyali dan mental anda,hehehe.

You Might Also Like:

Disqus Comments