Jenis Tarian Tradisional Suku Toraja

Dalam masyarakat toraja, tarian dan musik merupakan salasatu budaya yang tinggi nilainya. Cukup banyak tarian yang sering dipagelarkan bila diadakan upacara rambu tuka' dan rambu solo'.

Berikut adalah jenis tarian tradisional suku toraja

1. Tarian ma'gellu'
Tarian ini paling populer ditarikan oleh para remaja putri padea upacara kegembiraan seperti pada pesta panen,pesta perkawinan, dan untuk menyambut tamu. Penarinya terdiri dari 3,5 orang atau lebih. Pakaian penari adalah pakaian khusus penari seperti kandaure dan perhiasan emas yang antik

2. Tarian Pa'bone bal'
Tarian ini hampir sama dengan tarian pa'gellu' hanya rytme gendangnya berlainan dan lagu khusus yang dinyaynikan sementara menyanyi.

3. Tarian Dao Bulan
Tarian ini juga ditarikan o0leh para remaja putri dan dimainkan secara massal pasda upacara-upacara, pesta panen ,menyambut tamu dsb.



4. Tarian ma'dandan
Tarian ini ditarikan o0leh wanita-wanita yang berpakain putih-putih memakai sa'pi' hiasan kepala yang menyerupai atap depan rumah. Mereka bergerak lemah lunglai menggoyangkan tongkat mengikuti irama tari dan nyayian. Ma'dandan ini ditarikan pada upacara rambu tuka' untuk pesta panen, atau pesta syukuran lainnya.

5.Tarian Manimbong.
Tarian ini ditarikan oleh beberapa orang pria dengan memakai kain adat maa' dan mempergunakan parang-parang antik dan ikat kepala yang terbust dari buluh-buluh ayam atau buluh burung lainnya. Biadanya ditarikan pada pesta yang menghormati dewata misalnya pesta panen atau syukuran rumah.

6. Tarian Manganda'
Tarian ini dibawakan oleh satu kelompok laki-laki yang memp0ergunakan tanduk kerbau kerabu di kepalsa yang dihiasi uang logam. Penari-penari menggunakan bel yang selau berdering  dieklingi dengan teriakan yang  mengagetksn penonton. Tarian ini hanya ditarikan pada pesta adat yang besar.

7. Tarian Pa'Bondesan
Penari laki-laki tidak memakai baju kecuali selama adat khusus. Penari memakai kuku tiruan yang disebut kuku setan. Tarian ini diiringi dengan suling.

8. Tarian Memanna
Tarian ini ditsrikasn khusus pada penguburan orang yang mati karena dibunuh. Penarinya dari laki-laki yang menakutkan dengan berpakaian compang-camping dari tikar robek,ikat kepala dari rumput padang-padang, senjatanya dibuat dari bambu, perisainya dibuat dari pelepah pinang atau kulit batang pisang. Tarian ini jarang digunakan karena jarang pembunuhan, dengan kata-kata penari yang sedih dan menakutkan, mereka maju mundur dengan mengutuki pembunuh yang kejam.

9. Ma' katia
Merupakan tarian duka untuk menyambut tamu pada upacara pemakaman golongan bangsawan. Penari berpakaian adat dengan topi atau sa'pi yang berbentuk seperti rumah adat toraja Tarian ini hanya dipakai jika yang meninggal adalah seorang perempuan.

10. Tarian  Pa' randing
Tarian ini mengarur dan menjemput pahlawan yang akan pergi atau pulang berperang. penarinya terdiri dari 2,3 atau lebih laki-laki dengan menggunakan  topi perisai dan tsnduk kuningan dipaki di atas kepala serta tombak. Tarian ini sekarang dipakai untuk menjemput tamu pada pesta pemakaman dari keluarga bangsawan.
Itulah beberapa jenis tarian tradisional suku toraja yang dipakai pada pesta-pesta adat  suku toraja baik acara kedukaan maupun acara syukuran.

You Might Also Like:

Disqus Comments